Sabtu, 05 Mei 2012

Sejarah PIP Makassar

Tahun 1921 menjadi tonggak awal berkiprahnya Sekolah Pelayaran Dasar (SPD) yang terletak di jalan Seram No. 173 kota Makassar dalam menghasilkan SDM Kepelautan, hingga sekarang yang telah menjadi Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar, terus mencetak pelaut-pelaut ulung dan siap mengarungi 7 samudra, hingga kini telah lebih dari 6.000 orang alumni tersebar di seluruh penjuru dunia.

Sejalan dengan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia serta kemajuan dan pertumbuhan ekonomi maupun kebutuhan sektor transportasi maka telah berubah beberapa kali hingga tahun 1999 berganti nama dan sistem pendidikan, mulai dari sekolah dengan nama Opleiding Scheepvaart School Celebes yang kala itu masih dipimpin oleh seorang berkebangsaan Belanda. Pembaharuan demi pembaharuan telah dilaksanakan, implementasi konvensi IMO STCW 1978 amandemen 1995, konvensi Solas 1974 beserta perubahan-perubahan sesuai konvensi lainnya di bidang pelayaran dan antisipasi pemberlakuan standar keamanan internasional (ISPS Code) serta penerapan Quality Standard System (standar kualitas pendidikan kepelautan) menjadi perhatian serius PIP Makassar.

Dan kini, setelah ditetapkannya PIP Makassar sebagai instansi yang menerapkan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum oleh Menteri Keuangan RI, PIP Makassar berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan dalam tugas pokoknya sebagai penyedia layanan pendidikan pelayaran. Demikian pula modernisasi sarana dan prasarana pendidikan yang dilaksanakan secara berkesinambungan untuk menjamin lulusan Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar memiliki kompetensi yang mampu bersaing baik nasional maupun internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar